Jumat, 29 Januari 2010

mAcIn bAnD


macin band adalah salah satu band baru dikota curup yg masih seumur jagung band ini adalah sebuah band yg dibentuk dari sebuah persahabatan antra evan-yuda-indra-rendi-rio
mereka berteman sejak klas satu smp n trus mnerus sampai skarng sebenarnya kami ingin mmbentuk band sejak kelas 3 smp kami sering latihan... sampai sekarng pun bgitu band ini kami bntuk pada awal tahun 2009 band kami ber-aliran pop-rock ...... walaupun band kami bru dknal dikalangan tman2 sejawat saja tpi kmi yakin suatu saat nanti akn bnyax yg mngnalnya.... band kami sudah sering ganti2 nama band tapi hati tetap teguh pada satu yaitu macin band......

evanz macin'z (bassis)








yudha macin'z (melodis)











indra macin'z (rhytem)







rio macin'z(vokal)











rendi macin'z (drumer)

smk n 1 curup (curup timur) smexsa

Sejarah SMK Negeri 1 Curup

Awal Tahun 1961 SMEA sudah berdiri yang dinamakan "SMEA Persiapan" kemudian pada Tahun 1967, sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan RI. di Jakarta. Tanggal 25 Maret 1967 Nomor : 72/B.3/Kedj Sekolah Menengah Ekonomi Atas (S. M. E. A) swasta di Curup, telah ditetapkan menjadi S. M. E. A Negeri terhitung mulai 1 Januari 1967, dimana peresmian status SMEA Swasta menjadi SMEA Negeri itu dihadiri oleh Bupati K.D.H. Dati II R/L yaitu Bapak Drs. Mahalli. Kepala Sekolah SMEA Negeri yaitu Bapak Drs. H. Soekamto. TM. yang lahir pada tanggal 23 Januari 1932 di Surakarta dimana beliau telah menjabat sebagai Kepala SMEA Swasta dari Tahun 1961 sampai 1967 dan menjabat Kepala SMEA Negeri dari Tahun 1967 sampai Februari 1972. Pad tahun 2003 SMEA Negeri Curup kemudian menjadi SMK Negeri 1 Curup sampai sekarang. SMK Negeri 1 Curup membuka dua buah program yaitu bidang keahlian Manajemen Bisnis yang terdiri dari Program Keahlian Akuntansi, Penjualan, dan Sekretaris. Kemudian Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi yang terdiri dari Program Keahlian Teknik Komputer Jarinag (TKJ). Pada Tahun 2006 SMK Negeri 1 Curup membuka Program Keahlian Multimedia.
Sekarang SMK N 1 CURUP TIMUR siap bersaing dengan sekolah lain karena " SMK BISA"

Kamis, 28 Januari 2010

makalah parafrase

MAKALAH
MEMBUAT PARAFRASE LISAN

Disusun oleh:
Kelompok 2
Ketua: Elvan suryatama
Anggota: 1. Devi andriani
2. Diosi julianto

DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN REJANG LEBONG
SMK N 1 CURUP TIMUR
2009/2010

Kata pengantar
Assalammualaikum, wr,wb
Puji syukur kami panjatkan kepada allah swt, karena berkat dan rahmatnya kami dapat menyelesaikan makalah bahasa Indonesia ini dengan sebaik-baiknya. Solawat dan salam semoga tersampaikan kepada nabi Muhammad saw.
Kami sengaja menyusun makalah ini dengan maksud untuk melaksanakan tugas yang diberikan sekaligus mempelajari isi dari makalah yang kami buat. Makalah ini berisi tentang PARAFRASE LISAN.
Penyusn berharap agar makalah ini dapata bermanfaat bagi para pembacanya. Penyusun juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dalam penyelesaian makalah ini, sehingga makalah ini dap[at diselesaikan dengan baik.
Kami menyadari bahwa makalah ini masih memiliki banyak kekurangan, oleh karena itu kami harapkan kritik dan sarannya. Agar kami bias membat makalah dengan lebih baik lagi dan kesempurnaan pada makalah yang akan dating.

Wasssallam…

Curup,25 Januari 2010


Penyusun



DAFTAR ISI
-Kata Pengantar
BAB 1 PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
B.Permasalahan
C.Ruang Lingkup Permasalahan

BAB 2 PEMBAHASAN
A.Pengertian Parafrase
B.Teknik Membuat Parafrase
C.Contoh Parafrase

BAB 3 PENUTUP
A.Simpulan
B.Saran

DAFTAR PUSTAKA


BAB 1
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Parafrase lisan adalah sebuah uraian tertulis yang telah dibaca atau didengar dan diungkapkan kembali secaralisan dengan kalimat sendiri. Pembuatan parafrase ini memerlukan tekni-teknik. Banyak siswa-siswi yang belum mengerti cara pembuatan parafrase dengan baik, oleh karena itu kami membuat makalah ini dengan tujuan agar siswa-siwi mengerti cara pembuatan parafrase dengan baik dan benar. Semoga makalah ini berguna bagi kita semua.

B.Permasalahan
1. Apa yang dimaksud dengan parafrase ?
2. Bagaimana teknik membuat parafrase ?
3. Buatlah parafrase dari suatu wacana atau artikel !

C.Ruang Lingkup Permasalahan
Dalam pembuatan parafrase banyak yang belum mengetahui teknik atau cara untuk membuat parafrase dengan baik. Banyak juga yang belum mengetahui apa yang dimaksud dengan parafrase, oleh karena itu kami mengambil permasalahan diatas dengan maksud dan tujuan supaya yang membaca makalah ini dapat mngetahui pengertian parafrase dajn teknik pembuatannya.




A. Pengertian Parafrasa

Berdasarkan kamus bahasa indonesia parafrasa adalah
1. Pengungkapan kembali suatu tuturan dari sebuah tingkatan atau macam bahasa menjadi macam yang lain tanpa mengubah pengertiannya
2. Penguraian kembali sebuah teks dalam bentuk yang lain, dengan maksud untuk dapay menjelaskan makna yang tersembunyi
Parafrasa mengandung arti pengungkapan kembali suatu tuturan atau karangan menjadi bentuk lain namun tidak mengubah pengertian awal. Langkah membuat parafrasa dengan cara meringkasnya terlebih dahulu. namun, hasus diingat parafrasa disusun dengan bahasa sendiri bukan dengan bahsa asli penulis.

B. Cara Membuat Parafrasa
Berikut adalah hal yang perlu dilakukan untuk membuat parafrasa
dari sebuah bacaan.
(1) Bacalah naskah yang akan diparafrasakan sampai selesai untuk
memperoleh gambaran umum isi bacaan/tulisan

(2) Bacalah naskah sekali lagi dengan memberi tanda pada bagian-bagian
penting dan kata-kata kunci yang terdapat pada bacaan.
(3) Catatlah kalimat inti dan kata-kata kunci secara berurut.
(4) Kembangkan kalimat inti dan kata-kata kunci menjadi gagasan pokok
yang sesuai dengan topik bacaan.
(5) Uraikan kembali gagasan pokok menjadi paragraf yang singkat dengan
bahasa sendiri.
Teknik membuat Parafrasa lisan adalah sebagai berikut
1. Membaca Informasi secara teliti dan cermat
2. Memahami isi informasi secara umum.
3. menulis inti pokok informasi dengan kalimat sendiri
4. mencatat kalimat pokok secara urut
5. menegmbangkan kalimat inti atau kata-kata kunci menjadi pokok-pokok pikiran sesuai dengan tema/topik informasi sumber
6. menyampaikan secara lisan menggunakan kalimat sendiri


CDMA
Halo-halo di Simpang Abu-abu

SILANG pendapat soal telepon tetap tanpa kabel (wireless) berujung di Gedung Departemen Pos dan Telekomunikasi. Kamis pekan lalu, Djamhari Sirat, Direktur Jenderal Pos dan Telekomunikasi (Dirjen Postel), mengundang semua bos perusahaan operator jasa telekomunikasi. Hadir dalam pertemuan itu, antara lain wakil dari Telkom, Indosat, Satelindo, Telkomsel, IM3, Excel, Ratelindo, dan Komselindo.Intinya, para pelaku bisnis halo-halo itu berembuk tentang masa depan industri telekomunikasi. Debat paling seru, ya, soal mencari titik temu kontroversi serbuan telepon tetap tanpa kabel berbasis teknologi code division multiple acces (CDMA) milik PT Telkom.Perdebatan dipicu oleh gerakan agresif Telkom memasarkan TelkomFlexi. Peluncurannya di Jakarta, dua pekan lalu, membuat para operator telepon genggam berbasis global system for mobile communication (GSM) ketar-ketir. Sebab, produk Telkom itu tak ubahnya telepon seluler. Yakni dengan handset yang bisa ditenteng ke mana-mana. Persis telepon genggam biasa. Namun tarifnya setara dengan pulsa lokal (lihat GATRA edisi 18/09, 22 Maret 2003).

Selain itu, teknologi CDMA yang diboyong TelkomFlexi dilengkapi dengan berbagai fitur seperti pada telepon seluler. Ditambah lagi, handset CDMA memiliki kemampuan mengakses data dan koneksi internet lebih cepat. Seperti halnya telepon seluler, Flexi tersedia dalam dua pilihan, yakni pascabayar dan prabayar. Dengan berbagai kelebihan itu, dikhawatirkan Flexi menggerus pasar GSM.

Djamhari Sirat merasa perlu menanggapinya. Lewat secarik kertas yang diteken pada 27 Mei, Djamhari menegaskan rambu-rambu bagi Telkom selaku operator telepon wireless. Menurut dia, mobilitas TelkomFlexi seharusnya diarahkan di wilayah dalam area cakupan satu base transceiver station (BTS), tanpa memberlakukan roaming, handover, atau automutasi terminal pelanggan. Tapi, Dirjen Postel mendukung pemanfaatan fitur atau nilai tambah pada sistem CDMA itu.

Perlu dicatat, izin awal TelkomFlexi diarahkan untuk mempercepat peningkatan penetrasi layanan telekomunikasi. ''Fix wireless diharapkan mampu menjadi solusi untuk memenuhi daftar tunggu pendaftar telepon,
khususnya di daerah yang tidak terjangkau jaringan kabel telepon,'' kata Djamhari. Tetapi, ia menemukan fakta, TelkomFlexi hanya dibangun di kota-kota besar yang selama ini sudah terjangkau jaringan telekomunikasi.

Para pelaku operator GSM menilai, maraknya penggunaan teknologi CDMA lantaran ketidakjelasan tatanan regulasi telekomunikasi di Indonesia. Langkah peluncuran TelkomFlexi di perkotaan besar ibarat Telkom menyalip operator lain di jalur abu-abu. ''Para investor menginginkan kejelasan dan ketegasan soal regulasi,'' ujar Rudiantara, Ketua Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia.

Menurut Rudi, regulasi itu harus berpegang pada kaidah-kaidah internasional. Intinya, kalau jaringan itu termasuk telepon tetap, apa pun teknologinya, baik tanpa kabel maupun dengan kabel, mestinya diperlakukan sebagai telepon tetap (fixed line). Sebab, lisensinya berbeda dari yang dikantongi penyelenggara jaringan seluler. ''Kalau tidak ada ketegasan, nanti muncul situasi ganjil apabila teknologi yang sama dipakai oleh penyelenggara dengan lisensi berbeda,'' kata Rudi kepada Marya Onny dari GATRA.

Hal lain yang disoal adalah masalah pengaturan tarif. Banderol pulsa lokal untuk Flexi, menurut Wimboh S. Hardjito, Direktur Niaga Seluler PT Satelindo, masih diguyur subsidi. Dijelaskan, penetapan tarif untuk seluler terdiri dari dua bagian, yakni tarif interkoneksi yang dibayarkan ke perusahaan pemilik jalur yang dilewati dan ongkos airtime yang menjadi keuntungan operator seluler. Nah, TelkomFlexi tidak mengutip ongkos airtime. ''Kondisi ini bisa merusak tatanan yang ada di industri seluler,'' kata Wimboh.

Wimboh memprediksi, bila Telkom tetap memberlakukan tarif subsidi untuk si Flexi, dalam jangka waktu enam bulan, bisnis Satelindo akan terganggu. ''Saya perkirakan ada kemungkinan rugi, tapi angka pastinya belum diketahui,'' ujarnya. Untuk menghadang gerogotan TelkomFlexi, pihaknya terus melakukan pembenahan dan memberi pelayanan lebih kepada konsumen. Misalnya dengan memperluas daya jangkau sinyal GSM, serta memperbanyak fitur canggih seperti Satelindo@acces, GPRS, Mentari Internasional, dan pembebasan roaming di penjuru Tanah Air.

Strategi membentengi diri juga dijalani Telkomsel. Pemilik kartuHALO dan SimPATI itu mulai memperluas zona lokal seluler dan bebas roaming sejak awal Mei lalu. ''Sebelumnya tercatat 27 POC (point of charge), kini menyusut jadi 18,'' kata Azis Fuedi, juru bicara Telkomsel. Ambil contoh, selain bebas roaming, kini pembicaraan dengan fasilitas kartuHALO dan simPATI di seluruh Bali dan Nusa Tenggara dikenai tarif lokal.

Begitu juga untuk cakupan seluruh Papua, area Jawa Jambi-Bengkulu-Bangka, serta Sulawesi Utara-Maluku dan Kalimantan Selatan-Tengah. Dengan perluasan zona lokal ini, Telkomsel berharap tetap memiliki nilai lebih dibandingkan dengan telepon tetap tanpa kabel yang tidak bisa menembus keluar kode area.

Meski Erik Meijer, General Manager PT Telkomsel, mengaku belum terganggu oleh kehadiran TelkomFlexi. Tapi, ia menyimpan rasa waswas. Menurut dia, kalau proyek CDMA ala Telkom ini dibawa ke arah telepon bergerak, hak dan kewajibannya harus mengikuti aturan yang berlaku pada operator seluler. ''Kalau masih diperlakukan sebagai operator telepon tetap, ya, nggak fair,'' kata Erik kepada Rini Anggraini dari GATRA. Namun, sepanjang Flexi mengikuti aturan, Erik justru melihatnya sebagai pemicu perkembangan industri telekomunikasi di Indonesia.

Meski kehadiran Flexi diributkan, toh pihak Telkom maju tak gentar. Setelah meluncurkan TelkomFlexi di Surabaya, akhir tahun lalu, disusul Denpasar dan kota-kota besar lain seperti Balikpapan, Batam, dan Makassar, akhirnya Jakarta pun dirambah. Telkom melakukan investasi terbesar paket CDMA dari proyek T-21 (Telkom abad ke-21).

Dani Ramdani, Senior Manager Pembangunan dan Operasi Divisi Fixed Wireless PT Telkom, menjelaskan, perusahaan pelat merah ini merencanakan pembangunan 46 BTS yang memancari 90% wilayah di Jakarta. ''Target kami membangun 125 BTS untuk melayani seluruh wilayah Jakarta,'' kata Dani.

Setelah Jakarta, TelkomFlexi akan digiring ke Medan, Malang, Palangkaraya, Banjarmasin, Bandung, Semarang, dan terakhir Yogyakarta. Investasi untuk membangun jaringan CDMA diperkirakan US$ 200 hingga US$ 250 per satuan sambungan. Bandingkan dengan investasi untuk jaringan kabel yang mencapai US$ 800 hingga US$ 1.000.

Menurut Dani, penerapan teknologi CDMA bermula dari proyek T-21 yang dirancang bersama konsultan Booz Allen Hamilton. T-21 mengkaji berbagai alternatif teknologi untuk basis pengembangan Telkom. Intinya, menyediakan akses telekomunikasi murah bagi masyarakat.

Berbagai teknologi seperti GSM, CDMA, dan PHS sistem Jepang dievaluasi. Hasilnya dipilih CDMA 2000 1X dengan pertimbangan investasinya cukup murah. Samsung ditunjuk sebagai vendor sistem operasi sekaligus pembangunan BTS untuk kawasan Indonesia Timur, sedangkan Ericsson kebagian membangun BTS untuk Jakarta, dan Motorola untuk Sumatera.

Dani menegaskan perbedaan Flexi dan layanan seluler. ''Seluler dioperasikan kapan saja dan di mana saja, sedangkan Flexi dipakai kapan saja di areal terbatas,'' katanya. Meski handset Flexi bisa dicangking ke mana saja, Telkom memprogram penggunaannya terbatas di dalam kode area yang ditentukan.

Pelanggan TelkomFlexi di Jakarta, misalnya, tidak bisa mengoperasikan pesawatnya di Bogor. Untuk area Jakarta, Telkom berencana membagi wilayah dalam lima sektor. Jika melakukan panggilan di luar sektor asal, pelanggan dikenai biaya automutasi sebesar Rp 50 per menit.

Kemudahan automutasi dan konsentrasi pembangunan di kota-kota besar inilah yang dipersoalkan Djamhari. ''Kita ingin teknologi telekomunikasi menjadi lebih bermanfaat bagi masyarakat,'' kata Djamhari kepada Andy Saputro dari GATRA.

Dia menjelaskan, pihaknya membentuk tim kecil, terdiri dari unsur pemerintah, para operator, dan pihak-pihak terkait untuk meninjau ulang tatanan telekomunikasi Indonesia. Tim ini telah mengumpulkan data-data, dan dalam proses penataan. ''Tujuannya, agar industri telepon dapat maju terus dan menguntungkan semua pihak secara fair,'' ujar Djamhari.

Gelombang kritik yang dialamatkan ke Telkom selaku perintis telepon nirkabel berbasis CDMA ditanggapi Garuda Sugardo, Direktur Telkom, dengan enteng. ''Jika konsumen mendapat pilihan lebih baik, mengapa diributkan?'' kata Garuda kepada Johansyah dari GATRA.

Bahwa peluncuran TelkomFlexi dimulai dari kota besar, menurut Garuda, itu hanya proses awal dari rencana Telkom membangun jaringan serupa di 40 kota. ''Telkom berencana masuk juga ke kota-kota kecil yang tidak dilirik operator lain,'' katanya. Kebetulan, kota besar memiliki infrastruktur lebih lengkap, sehingga memudahkan pengenalan ke masyarakat.

Warga Surabaya dan Denpasar terbukti

cukup antusias menyambut kehadiran telepon tanpa kabel bertarif lokal ini. Syaifuddin Zuhri, misalnya, kepincut produk anyar keluaran Telkom itu, dua bulan lalu. Pemilik usaha biro perjalanan Sepinggan Indah Jaya di Surabaya ini setiap bulan menghabiskan Rp 2 juta untuk berkomunikasi dengan koleganya.

Dengan biaya Rp 1,6 juta, ia mendapat layanan TelkomFlexi, lengkap dengan handset dan nomornya, sejak tiga pekan lalu. ''Saya gunakan setiap saat, ternyata biayanya baru Rp 200.000,'' ujar Syaifuddin. Sayangnya, ia tak bisa menggunakan pesawatnya ketika harus ke luar kota, sehingga telepon seluler masih tetap dia butuhkan.

Di Bali, pemakai TelkomFlexi mencapai 2.500 orang sejak diluncurkan akhir tahun lalu. Kata Saiful Azhar, Kepala Unit Legal dan Promosi Kandatel Bali, Telkom membangun 10.000 unit sambungan untuk wilayah Denpasar dan Badung, yang didukung empat BTS.

Sayangnya, ketika baru diluncurkan, handset CDMA masih langka, sehingga menyulitkan para pelanggan baru. Hambatan lain, menurut pengakuan beberapa pemakai, sinyal TelkomFlexi masih lemah. Tetapi, diakui Ni Komang Suartini, seorang pelanggan TelkomFlexi, bisnisnya makin lancar setelah tangannya selalu menggenggam handset CDMA tipe Samsung A250 yang dibelinya seharga Rp 1,5 juta.

Beda dengan kondisi di Bali, kini handset CDMA membanjiri Jakarta. Setidaknya, ada empat merek yang dicatat Satrio Adhi dari GATRA ketika berkunjung ke ITC Roxy Mas, yakni Motorola, Nokia, Samsung, dan Sanex. ''Harganya Rp 1,5 hingga Rp 1,6 juta,'' kata Maria, seorang penjual alat komunikasi seluler. Tetapi, sampai pekan lalu, Maria belum berhasil menjual handset itu.

Bagaimanapun, Flexi telah hadir dengan ragam layanan lebih menggiurkan. Akankah teknologi GSM yang pernah menggilas habis bisnis pager bakal terjadi? Di atas kuasa regulator dan kepentingan operator, mestinya konsumen harus diutamakan.











BAB 3
PENUTUP

A.Simpulan
Dari isi makalh ini kita dapat menarik simpulan yaitu, dalam pembuatan parafrase kita harus memperhatikan teknik-teknik dalam pembuatan parafrase.
Dalm pembuatan parafrase diperlukan kecermatan dalam membaca, mencatat, mengembangkan, dan menguraikan kalimat-kalimat yang telah kita baca.

B.Saran
Kami menyarankan kepada pembaca agar terus berlatih dalam pembuatan parafrase dan dalam membuat parafrase kita harus melakukan dengan teknik-teknik yang telah tercantum dalam isi makalah ini.

Semoga makalah ini berguna bagi pembaca dan juga penyusun. Kami selaku poenyusun minta maaf atas kekuramngan pada makalah kmai dan mohon kritik dan sarannya.

Wassallam ..
























DAFTAR PUSTAKA

Honatri Euis.2005. Memahami Bahasa Indonesia SMK Tingkat 2 Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen, Bandung:Armico.

Minggu, 03 Januari 2010

laporan psg smk jurusan multimedia

LAPORAN
PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI


“LOCAL AREA NETWORK (LAN)”




DI SUSUN OLEH :

Nama : Elvan Suryatama
No. Induk : 10599
Program Keahlian : Multimudia


DINAS PENDIDIKAN NASIONAL
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 CURUP TIMUR
JL. Duku Ulu Telp. (0732)23074
Curup timur 39101
TAHUN PELAJARAN
2009/2010

KATA PENGANTAR
Alhamdulillah saya panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT.Yang telah memberikan rahmat, inayah serta magfirah kepada saya sekalian sehingga kami dapat menyelesaikan pembukuan ini sebagai hasil laporan hasil Praktik Kerja Industri (PERAKERIN) yang bertempat di UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU
Laporan ini saya susun untuk memenuhi salah satu persyaratan untuk mengikuti Ujian Nasional pada SMKN 1 CURUP TIMUR, adapun pelaksanaannya bertempat di UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU selama 2 (Dua) bulan
Suksesnya pembukuan hasil laporan ini berkat bimbingan dari semua pihak yang membantu saya selama Praktik Kerja Industri (Prakerin) berjalan.
Maka dengan ini saya mengucapkan terima kasih kepada :
1. Kepala SMKN 1 CURUP TIMUR bpk. Drs.Bassyarudin yang telah memberikan kesempatan kepada kami semua utuk melaksanakan Prakerin.
2. Bapak GUNTUR ALAM ,M.KOM selaku Ketua dan pembimbing yang telah memberikan bimbingan kepada kami.
3. Bapak SUMANTRIyang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk mengikuti Prakerin.
4. bapak bambang. Selaku pembimbing dari sekolah
5.kak delfi,yoga,puji,jexson,exang,dodo,dll yang telah membimbing saya ditempet prakerin.
Saya menyadari, bahwa dalam penyusunan laporan ini masih jauh dari kesempurnaan.Oleh karena itu, saya mengharapkan kritikan dan saran yang bersifat maembangun,Insya Allah pada suatu saat saya dapat menyempurnakan laporan ini dengan lebih baik lagi.
Akhir kata saya ucapkan terimakasih pada semua pihak yang telah berusaha membantu dalam penyusunan laporan ini, dan saya berharap semoga laporan ini dapat berguna khususnya bagi adik-adik kelas kami dan masyarakat pada umumnya.
Saya memilih judul “LOCAL AREA NETWORK {LAN}”. Yang saya kerjakan dalam laporan prakerin.
Semoga bimbingan dan kebaikan yang telah diberikan kepada saya akan mendapatkan ridho dari Allah SWT .Amin
Dan saya berharap semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi saya dan umumnya bagi rekan-rekan yang memerlukan



CURUP,22 DESEMBER 2009

Elvan Suryatama




BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Peraktik Kerja Industri ( PERAKERIN )
Peraktik kerja industri (PERAKERIN) Adalah salah satu program yang ada di SMK merupakan salah satu kegiatan yang mengutamakan keahlian dan keterampilan pada siswa siswi. Pelaksanaan Peraktik kerja industri (PERAKERIN) adalah sebagai perwujudan kebijakan “Linkmact” pada umumnyu di laksanakan pada dua tempat yaitu di sekolah dan dunia usaha, perusahaan atau intansi. Kegiatan ini dilaksankan dalam rangaka peningkatkan mutu siswa siswi Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) agar mengetahui bagaimana cara kerja atau menagani pekerjaan dengan baik.
Harapan utama dari Peraktik kerja industri (PERAKERIN) adalah agar siswa dapat mengetahui bagai mana keadaan dunia kerja. Untuk mengetahi kemampuan siswa di tempat intansi tersebut untuk melaksanakan Peraktik kerja industri (PERAKERIN) ini disiapkan sutau perangkat praktek perangkat yang di maksud adalah “Buku Jurnal” jurnal ini berfungsi sebagai suatu bentuik laporan kegiatan siswa, selama siswa tersebut melaksanakan kegiatan Peraktik kerja industri (PERAKERIN) di dunia usaha.
Seperti di ketahui dalam Garis Besar Haluan Negara (GHBN) Tahun 1998 ditetapkan bahwa pendidikan bersifat kemasyarakatan, seperti kusrsus dan keterampilan, begitupun dengan Peraktik kerja industri (PERAKERIN) yang
dilaksanakan oleh SMK, agar siswa dan siswi dapat mengenali dunia kerja dengan sesungguhnya.
Selama itu pula bahwa Peraktik kerja industri (PERAKERIN) wajib dilaksanakan oleh para siswa dan siswi di SMK. PERAKERIN adalah salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Nasional.
Dalam Peraktik kerja industri (PERAKERIN) siswa siswi melaksanakan dengan cara terjun langsung ke suatau perusahaan atau intansi pemerintah maupun suasta untuk melatih kemanpuan siswa siswi SMK dengan terjun langsung ke dunia kerja.
1.2 Pembatasan Masalah
Pembahasan masalah ini, yang kami batasi dalam masalah yang kami ketahui dan secara peraktik maupun teorinya dan di sesuaikan dengan jurusan yang kami ambil.
Ø local area network
Ø beberapa masalah yang sering terjadi pada computer.
1.3 Tujuan Peraktik Kerja Industri (PERAKERIN)
Adapun tujuan Peraktik kerja industri (PERAKERIN) ialah sebagai berikut :
Ø Mengembangkan pengetahuan, sikap dan kemampuan serta membah wawasan siswa yang berkaitan dengan pelajaran yang telah diterima di sekolah.
Ø Melatih kerja dan pengamatan tehnik – tehnik yang di terapkan di tempat Peraktik kerja industri (PERAKERIN) sesuai di bidang keahlian yang di miliki

Ø Membekali siswa dengan pengalaman yang sebenarnya dalam dunia kerja serta meningkatkan episiensi proses pendidikan dan pelatihan kerja yang bekualitas dan profesioanal.
1.4 Metode Pengumpulan Bahan Laporan
Metode pengumpulan bahan laporan yang kami lakukan dengan cara mengabil bahan dari buku dan internet.
1.5 Waktu Pelaksanaan PERAKERIN
Pelaksanaan peraktik kerja industri ( PERAKERIN ) kurang dari dua bulan yang dimulai dari tanggal 20 september 2009 sampai dengan 5 desember 2009 dengan ketentuan 6 hari jam kerja dengan ketepatan waktu dari pukul pukul 8.00 hingga pukul 15.00 wib.
1.6 Lokasi Pelaksanaan PERAKERIN
Lokasi pelaksanaan PERAKERIN di UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU tepatnya di UPTI NET.






BAB II
LANDASAN UMUM
1.1 SEJARAH UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Cikal bakal berdirinya Universitas Muhammadiyah Bengkulu diawali dengan berdirinya Fakultas Keguruan dan Ilmu Sosial (FKIS) IKIP Muhammadiyah Jakarta cabang Bengkulu, pada 1 Agustus 1970, dengan dua Jurusan yaitu Pendidikan Ilmu Administrasi dan Pendidikan Ekonomi Perusahaan.
Sejak berdiri 1970 sampai 1973 FKIS IKIP Muhammadiyah Jakarta cabang Bengkulu, memperhatikan perkembangan kebutuhan masyarakat akan keberadaan Perguruan Tinggi di Bengkulu maka pimpinan FKIS IKIP Muhammadiyah Jakarta cabang Bengkulu khususnya dan warga Muhammadiyah Bengkulu pada umumnya berkeinginan untuk mendirikan Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang berdiri sendiri, dan melihat jauhnya jarak antara induk dan cabang maka pada 1 Juni 1973 FKIS IKIP dikembangkan menjadi Sekolah Tinggi Keguruan dan Imu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Bengkulu, perubahan tersebut ditetapkan dengan Surat Keputusan Majelis Pendidikan dan Pengajaran Pusat No. E-10/180/1973.
Dalam perjalanan selanjutnya dari tahun ke tahun perkembangna STKIP Bengkulu, semakin baik, minat dan kepercayaan masyarakat bertambah besar serta keinginan kalangan warga Muhammadiyah untuk berpartisipasi lebih luas dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan syiar Islam maka timbulah gagasan untuk mengembangkan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Bengkulu menjadi Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
Dalam perjuangan dan rentangan waktu yang panjang, akhirnya Pimpinan Pusat Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan PP Muhammadiyah menerbitkan SK Presidium STKIP Muhammadiyah Bengkulu No. E-2/053/SK-MPTPP/1991 tanggal 1 November 1990 tentang persiapan berdirinya UMB, pada 20 Juni 1991 perubahan bentuk STKIP Muhammadiyah menjadi Universitas Muhammadiyah Bengkulu berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 0367/0/1991 dan diresmikan oleh Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Bengkulu Drs. H.A. Razie Yahya pada 31 Agustus 1991 bersamaan dengan Wisuda Sarjana terakhir untuk STKIP Muhammadiyah Bengkulu.
Sejak 1991 Universitas Muhammadiyah Bengkulu memiliki 4 Fakultas dan 9 Program Studi, melihat perkembangan minat calon mahasiswa semakin menunjukkan peningkatan yang sangat berarti maka pada 1996 dibuka 2 Program Studi, tahun 1997 dan 1998 penambahan 2 Progam Studi, tahun 2004 penambahan 3 Program Studi, tahun 2006 penambahan 3 program studi, jadi sekarang UMB memilki 19 Program Studi.

VISI, MISI DAN TUJUAN
VISI
Mewujudkan insan akademis yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT serta menguasai ilmu pengetahuan, teknokogi dan seni (IPTEKS) yang merupakan kebanggaan warga Muhammadiyah, ummat Islam dan Bangsa Indonesia.
MISI
1) Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi secara kompetitif dan sustainable
2) Menciptakan iklim akademis yang Islami sebagai pelopor pembaharuan (gerakkan tajdid) amar ma’ruf nahi munkar
3) Meningkatkan kualitas civitas akademika Universitas Muhammadiyah Bengkulu
4) Meningkatkan kompetensi lulusan Universitas Muhammadiyah Bengkulu melalui program-program akademik yang strategis dan komprehensif


TUJUAN
1) Menghasilkan sarjana muslim yang berkualitas, beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, berakhlaq mulia, memiliki kemampuan akademik, profesional, terampil dan inovatif serta mampu mengembangkan dan menerapkan IPTEKS
2) Mengembangkan inovasi dan kreasi IPTEKS yang berwawasan lingkungan untuk mendukung pembangunan nasional dan memperbaiki kesejahteraan umat

3) Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka mengaplikasikan IPTEKS
4) Mewujudkan hubungan antar civitas akademika yang harmonis, kondusif dan Islami
5) Meningkatkan pendidikan dan keterampilan tenaga edukatif dan administratif dalam rangka memberikan pelayanan yang prima
6) Menjadikan Universitas Muhammadiyah Bengkulu sebagai lembaga Pendidikan Tinggi yang siap menghadapi tuntutan masyarakat dan tantangan pembangunan yang berubah dengan cepat baik secara nasional maupun global
7) Menyelenggarakan program akademik dan profesional, sesuai dengan tuntutan dunia kerja dan dunia usaha (link and match)
8) Menjadikan Universitas Muhammadiyah Bengkulu sebagai kekuatan moral dalam masyarakat Indonesia yang madani









1.2 STRUKTUR ORGANISASI

Rektor Dr. Khairil, M.Pd.
NIP 131627044 Pembantu Rektor
Pembantu Rektor Bidang Akademik
Ir. Suryadi, MP.
NIP
Pembantu Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan
Ahmad Dasan, SH
NBK
Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni
Hernadianto, SE,M.Si,Ak.
NBK
Pembantu Rektor Bidang Humas dan Kerjasama
Drs. Adi Asmara, M.Pd
NIP
Dekan
Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan :
Drs. Mardan, M.Pd
Dekan Fakultas Ekonomi :
Drs. Onsardi, MM
Dekan Fakultas Pertanian :
Edi Efrita, SP, MP
Dekan Fakultas Agama Islam :
Surohim, S.Ag, M.S.I
Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan :
Drs. Rifa\'i, M.Pd
Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik :
Drs. Supratman, M.Si
Dekan Fakultas Teknik :
Ir. Yukiman Armadi, M.Si





BAB III
LANDASAN TEORI
JARINGAN KOMPUTER
Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan. Tiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node.
Jaringan komputer bukanlah sesuatu yang baru saat ini. Hampir di setiap perusahaan terdapat jaringan komputer untuk memperlancar arus informasi di dalam perusahaan tersebut. Internet yang mulai populer saat ini adalah suatu jaringan komputer raksasa yang merupakan jaringan komputer yang terhubung dan dapat saling berinteraksi. Hal ini dapat terjadi karena adanya perkembangan teknologi jaringan yang sangat pesat, sehingga dalam beberapa tahun saja jumlah pengguna jaringan komputer yang tergabung dalam Internet berlipat ganda.
Sistem Jaringan Komputer
Berdasarkan fungsi : Pada dasarnya setiap jaringan komputer ada yang berfungsi sebagai client dan juga server. Tetapi ada jaringan yang memiliki komputer yang khusus didedikasikan sebagai server sedangkan yang lain sebagai client. Ada juga yang tidak memiliki komputer yang khusus berfungsi sebagai server saja. Karena itu berdasarkan fungsinya maka ada dua jenis jaringan komputer:
Adapun macam-macam jenis jaringan
• Client-server
Yaitu jaringan komputer dengan komputer yang didedikasikan khusus sebagai server. Sebuah service/layanan bisa diberikan oleh sebuah komputer atau lebih. Contohnya adalah sebuah domain seperti www.detik.com yang dilayani oleh banyak komputer web server. Atau bisa juga banyak service/layanan yang diberikan oleh satu komputer. Contohnya adalah server jtk.polban.ac.id yang merupakan satu komputer dengan multi service yaitu mail server, web server, file server, database server dan lainnya.
• Peer-to-peer
Yaitu jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan. Contohnya dalam file sharing antar komputer di Jaringan Windows Network Neighbourhood ada 5 komputer (kita beri nama A,B,C,D dan E) yang memberi hak akses terhadap file yang dimilikinya. Pada satu saat A mengakses file share dari B bernama data_nilai.xls dan juga memberi akses file soal_uas.doc kepada C. Saat A mengakses file dari B maka A berfungsi sebagai client dan saat A memberi akses file kepada C maka A berfungsi sebagai server. Kedua fungsi itu dilakukan oleh A secara bersamaan maka jaringan seperti ini dinamakan peer to peer.
1. Pengenalan Jaringan
Suatu jaringan komputer local biasa disebut LAN (Local Area Network) adalah suatu jaringan data kecepatan tinggi dan fault tolerant yang menghubungkan sejumlah PC, printer dan peralatan lainnya pada suatu area yang relatif kecil.
LAN akan memberikan banyak keuntungan bagi pemakainya seperti penggunaan bersama suatu peralatan seperti printer serta berbagai aplikasi komputer, pertukaran file di antara pemakai yang terhubung di jaringan, dan komunikasi antar pemakai melalui mail elektronik atau aplikasi lainnya.
Untuk mencakup wilayah yang lebih luas maka dikenal istilah Internetworking yang merupakan suatu kumpulan jaringan-jaringan individu yang terhubung melalui peralatan intermediate networking.
2. Protokol dan Topologi LAN
Protokol LAN biasanya memakai satu dari dua metode untuk mengakses media jaringan yaitu: Carrier Sense Multiple Access / Collision Detection (CSMA/CD) atau Token Passing. Jaringan berbasis Ethernet memakai metode CSMA/CD sedangkan jaringan berbasis Token Ring dan FDDI memakai metode Token Passing.
Secara umum topologi dan protokol LAN dapat digambarkan seperti tertera pada diagram dibawah ini











-Menyelesaikan masalah-masalah yang sering terjadi pada komputer

Masalah-masalah computer
1.kurangnya perawatan dari pemakai 2. tidak ada yang diberi kewenangan untuk itu (perawatan) 3. ketidak tahuan operator 4. faktor yang mempengaruhi diantaranya: perlakuan terhadap komputer itu sendiri, pengaturan BIOS yang kurang maksimal, dan manajemen sistem operasi yang kurang teratur. Yang dimaksud dengan perlakuan komputer adalah: mematikan komputer tidak sesuai prosedur (shutdown), CPU tidak pernah dibersihkan, komputer sering dipindah-pindahkan tempatnya, dan hal-hal yang dapat merusak komputer. Sedangkan yang dimaksud BIOS adalah pengaturannya tidak semaksimal sehingga dapat mengganggu sistem operasi. Jika komputer tidak pernah di-manage secara benar dapat mengakibatkan kinerja sistem operasi akan lambat. 5. Ada dua faktor yang mempengaruhi kerja sistem komputer yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor Internal Yang dimaksud dengan faktor internal adalah segala sesuatu yang berhubungan langsung dengan komputer itu sendiri, diantaranya: - Banyak aplikasi yang terinstal - Banyak file sampah - Banyak aplikasi yang terbaca ketika Start Up - Manajemen Sistem tidak teratur - Pilih Kinerja atau Penampilan (style) - Proses Shutdown tidak sesuai perosedur Faktor Eksternal faktor eksternal yang dapat menghambat sistem kerja komputer diantaranya: - Tegangan listrik yang tidak stabil - Lingkungan yang berdebu - suhu cpu pun perlu diperhatikan Faktor Eksternal penyebab sistem komputer lambat faktor eksternal yang dapat menghambat sistem kerja komputer diantaranya: Tegangan listrik yang tidak stabil Ada kalanya tegangan listrik yang ada di rumah kita tidak berjalan stabil alias naik turun. Hal tersebut bisa ditimbulkan oleh penggunaan listrik yang bersama-sama. Misal: menghidupkan televisi, mesin air, lemari es (kulkas), dan komputer secara bersama-sama. Suatu saat mematikan mesin air yang tidak digunakan. Nah, jika kondisinya seperti itu tegangan akan mengalami perubahan naik-turun dan inilah faktor penyebab komputer dan monitor menjadi rusak. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya menggunakan UPS/stabilizer agar ketika listrik mati secara mendadak masih ada aliran listrik dan dapat melakukan shutdown sesuai prosedur. Lingkungan yang berdebu Debu yang menempel pada komponen komputer dapat mengakibatkan sistem kerja komputer akan terhambat. Bersihkan menggunakan kuas yang lembut, jangan menggunakan kemoceng karena bulu-bulunya akan rontok sehingga malah memperparah keadaan. Komputer yang bekerja makin lambat perlu diidentifikasi sedini mungkin agar faktor-faktor penyebabnya dapat diniminalisasi. Oleh karena setiap hari bergelut dengan komputer, sedikitnya harus dapat menangani sendiri jika komputer mengalami masalah. Periksa dulu apa penyebab komputer tersebut menjadi lambat, jika sudah ditemukan faktor pemicunya segera atasi sendiri sebelum meminta bantuan orang lain. Suhu cpu Suhu cpu pun harus diperhatikan, karena dapat menghambat proses kerja dan dapat memperpendek usia cpu, apalagi bagi penggila overclock yang mengharuskan cpu harus terjaga suhunya dan membutuhkan pendingin ekstra Faktor Internal penyebab sistem komputer lambat Banyak aplikasi yang terinstal Jika ingin menginstal software sebaiknya yang penting dan dibutuhkan saja, jangan terlalu banyak menginstal software yang tidak digunakan. Hal ini secara otomatis akan mengambil space komputer. Banyak file sampah Yang dimaksud file-file sampah adalah: file pada Recycle Bin, cookies, histroy IE, file bak, file temporary, dll). Ketika menghapus file yang tidak digunakan, tidak secara otomatis file tersebut akan terhapus dari hardisk. Sebenarnya masih tersimpan dalam folder Recycle Bin, dan jika kita ingin mengambil file tersebut masih bisa. Hapuslah file-file dalam Recycle Bin karena seluruh file tersebut masih mengambil ruang hardisk. Pastikan Anda telah memilih file-file yang memang sudah tidak digunakan lagi Banyak aplikasi yang terbaca ketika Start Up Beberapa software ketika pertama kali diinstal menyediakan pilihan yaitu: ikon ditambahkan pada Desktop dan ikon ditambahkan pada Taskbar Quick Launch. Sebaiknya tidak perlu meletakkn ikon program tersebut dalam taskbar karena menjadi beban sistem komputer karena harus menyediakan memori tersendiri. Hal ini akan memperlambat kerja komputer. Aturlah beberapa aplikasi yang memang dibutuhkan dengan cara mengatur konfigurasi. Jalankan menu Start kemudian pilih Run, ketikkan msconfig. Nonaktifkan aplikasi yang tidak diperlukan ketika Start Up. Manajemen Sistem tidak teratur Komputer yang sering digunakan juga memerlukan penyegaran, salah satunya adalah dengan cara melakukan Scandisk dan Defragmentasi secara rutin minimal satu bulan sekali. Idealnya satu minggu sekali, tergantung frekuensi penggunaan komputer. Meskipun sesuatu yang sepele, namun sering dilupakan banyak orang. Lakukan Scandisk secara rutin untuk memperbaiki hardisk yang sering crash akibat litrik mati secara mendadak atau hang. Selain melakukan Scandisk, yang tak kalah pentingnya adalah Defragmentasi secara berkala. Hal ini sangat berguna ketika tingkat penggunaan komputer tinggi. File-file perlu ditempatkan sebagaimana mestinya agar ruang kosong tidak berantakan. Jika ruang penempatan file berantakan bisa mengakibatkan kerja komputer lambat. Pilih Penampilan (style themes) Bagi pengguna Windows XP sebaiknya memperhatikan hal ini agar kerja komputer lebih cepat. Memang penampilan Windows XP sangat bagus, ikon-ikon yang ditampilkan berwarna-warni dengan efek mengkilap. Perlu diketahui, tampilan windows yang bagus tersebut membutuhkan memori yang tidak sedikit. Makanya jangan heran bila semakin lama kerja komputer semakin lambat. Windows XP menyediakan dua pilihan yaitu Adjust for Best Appereance atau Adjust for Best. Jika memilih Adjust for best app maka lebih mengutamakan penampilan sehingga kinerja komputer mememerlukan memori yang lebih. Hal ini berpengaruh pada kinerja komputer. Sedangkan jika memilih Adjust for best performance maka lebih mengutamakan kinerja komputer dibandingkan penampilan sehingga tampilan Windows XP akan nampak seperti biasa tanpa efek bayangan ataupun mengkilap seperi windows versi sebelumnya. Proses Shutdown tidak sesuai perosedur Komputer yang sangat lambat bekerja membuat kita kesal dibuatnya, makin hari kian lambat saja. Kadang-kadang komputer langsung hang secara mendadak ketika sedang asyik bekerja. Kita akan mematikan komputer tersebut dengan cara menekan tombol Restart atau Booting. Hal ini dikerenakan kita tidak bisa mematikan komputer melalui proses Shutdown karena semua tombol keyboard tidak berfungsi. Apabila sering mematikan komputer melalui tombol Booting, lama-lama bisa mengakibatkan sistem operasi tidak berjalan normal dan hardsik akan mengalami kerusakan (bad sector). Hal ini akan memperparah keadaan karena file-file sistem yang ada pada bad sector tidak dapat terbaca, sehingga komputer sering mengalami mati mendadak (hang). 6. Tegangan listrik yang tidak stabil Listrik merupakan faktor utama pemicu lambatnya komputer dari tegangan yang tidak stabil. Setiap komputer memerlukan adanya aliran listrik yang memadai agar dapat berjalan sebagaimana mestinya. Apabila tegangan listrik rendah, komputer tidak dapat beroperasi dengan baik. Begitu pula sebaliknya, jika tegangan listrik terlalu tinggi mengakibatkan komputer akan cepat panas dan mempengaruhi komponen penting dalam komputer. Ada kalanya tegangan listrik yang ada di rumah kita tidak berjalan stabil alias naik turun. Hal tersebut bisa ditimbulkan oleh penggunaan listrik yang bersama-sama. Misal: menghidupkan televisi, mesin air, lemari es (kulkas), dan komputer secara bersama-sama. Suatu saat mematikan mesin air yang tidak digunakan. Nah, jika kondisinya seperti itu tegangan akan mengalami perubahan naik-turun dan inilah faktor penyebab komputer dan monitor menjadi rusak. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya menggunakan UPS/stabilizer agar ketika listrik mati secara mendadak masih ada aliran listrik dan dapat melakukan shutdown sesuai prosedur. 7. Lingkungan yang berdebu Debu dapat masuk ke dalam komputer tanpa disadari karena masuk melalui ventilasi cashing komputer yang kecil. Dan proses masuknya debu ke dalam komputer sangat lama, memerlukan waktu minimal tiga bulan tergantung lingkungan rumah kita. Meskipun lingkungan rumah sudah bebas dari debu, jangan menganggap komputer juga terjamin bersih dari debu. Debu yang menempel pada komponen komputer dapat mengakibatkan sistem kerja komputer akan terhambat. Bersihkan menggunakan kuas yang lembut, jangan menggunakan kemoceng karena bulu-bulunya akan rontok sehingga malah memperparah keadaan. Komputer yang bekerja makin lambat perlu diidentifikasi sedini mungkin agar faktor-faktor penyebabnya dapat diniminalisasi. Oleh karena setiap hari bergelut dengan komputer, sedikitnya harus dapat menangani sendiri jika komputer mengalami masalah. Periksa dulu apa penyebab komputer tersebut menjadi lambat, jika sudah ditemukan faktor pemicunya segera atasi sendiri sebelum meminta bantuan orang lain. 8. Faktor Internal Yang dimaksud dengan faktor internal adalah segala sesuatu yang berhubungan langsung dengan komputer itu sendiri, diantaranya: - Banyak aplikasi yang terinstal - Banyak file sampah - Banyak aplikasi yang terbaca ketika Start Up - Manajemen Sistem tidak teratur - Pilih Kinerja atau Penampilan - Proses Shutdown tidak sesuai perosedur 9. Faktor Eksternal Selain faktor internal yang telah disebutkan sebelumnya, terdapat pula faktor eksternal yang dapat menghambat sistem kerja komputer diantaranya: - Tegangan listrik yang tidak stabil - Lingkungan yang berdebu 10. Langkahnya 1. Untuk mengatasi hal itu diperlukan penanganan yang tepat seperti: melakukan Defragmenter secara berkala karena klo keseringan komputer bisa ngadat ya setiap 1-2 bulanlah, memasang software antivirus plus anti spyware, membuang software yang tidak digunakan, tidak memaksakan menggunakan softwareyang berat (memakan memory terlalu banyak atau yang memakan banyak kerja cpu, membuang sampah, dan tindakan lainnya yang mempengaruhi sistem operasi yang digunakan. Mengenal Sistem Operasi Adapun fokus utama dari solusi Perawatan Komputer dan Jaringan Lokal yang kami tawarkan meliputi : • Menjaga kelancaran pengoperasian komputer beserta jaringannya Banyak sekali masalah timbul dari kesalahan pengoperasian atau kurangnya pelatihan, pengetahuan dan pengenalan terhadap komputer yang akan menghambat kelancaran dari kerja komputer. Dalam hal ini, perlu perawatan, pelatihan, konsultasi, dan penyelesaian masalah berhubungan dengan kerusakkan baik hardware maupun software ataupun kesalahan dalam pengoperasian. • Mengoperasikan komputer yang Baik dan Benar Menuntun pemakai untuk dapat memakai dan mengoperasikan komputer dengan baik dan benar. • Menjaga supaya data-data penting perusahaan tidak hilang Mem-backup data penting perusahaan secara rutin dalam kurun waktu tertentu • Menghemat anggaran belanja untuk Komputerisasi Mengikuti prosedur paket perawatan jaringan komputer secara professional, memungkinkan komputer pelanggan bekerja lebih optimal walau dengan sumber daya hardware yang terbatas • Menambah effisiensi kerja Menerapkan komputerisasi untuk proses kerja, sehingga effisiensi kerja akan meningkat. Berikut tips merawat komputer: 1. Defrag harddisk secara berkala. Fungsi defrag adalah untuk menata dan mengurutkan file-file harddisk berdasarkan jenis file/data sedemikian rupa sehingga akan mempermudah proses read/write sehingga beban kerja akan lebih ringan yg akhirnya dapat memperpanjang umur harddisk. Caranya klik menu Start > Program > Accesories > System Tool > Disk Defragmenter. Saat menjalankan fungsi ini tidak boleh ada program lain yg berjalan termasuk screensaver karena akan mengacaukan fungsi defrag ini. 2. Aktifkan screensaver Selain bersifat estetis, screensaver mempunyai fungsi lain yg penting. Monitor CRT juga televisi menggunakan fosfor untuk menampilkan gambar. Kalau monitor menampilkan gambar yg sama untuk beberapa saat maka ada fosfor yang menyala terus menerus. Hal ini dapat mengakibatkan monitor bermasalah yaitu gambar menjadi redup/kurang jelas. Lain halnya jika monitor Anda adalah LCD, LED yg sudah dilengkapi dengan energy saving, maka screensaver tidak terlalu dibutuhkan lagi.Cara+ mengaktifkan screensaver dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya klik Start > Control Panel > Display > klik tab screensaver, kemudian pilih sesuai selera Anda. 3. Ventilasi yang cukup Tempatkan monitor maupun CPU sedemikian rupa sehingga ventilasi udara dari dan ke monitor / CPU cukup lancar. Ventilasi yg kurang baik akan menyebabkan panas berlebihan sehingga komponen/rangkaian elektronik di dalamnya akan menjadi cepat panas sehingga dapat memperpendek umur komponen tsb. Oleh karena itu usahakan jarak antara monitor/CPU dengan dinding/tembok minimal 30 cm. Kalau perlu pasang kipas angin di dalam ruangan. 4. Pakailah UPS atau stavolt. Pakailah UPS untuk mengantisipasi listrik mati secara tiba-tiba yg dapat mengakibatkan kerusakan pada harddisk. Kalau terpaksa tidak ada UPS, pakailah Stavolt untuk mengantisipasi naik turunnya tegangan listrik. 5. Tutup / close program yg tidak berguna Setiap program yg diload atau dijalankan membutuhkan memory (RAM) sehingga semakin banyak program yg dijalankan semakin banyak memory yg tersita. Hal ini selain dapat menyebabkan komputer berjalan lambat (lelet) juga beban kerja menjadi lebih berat yg akhirnya dapat memperpendek umur komponen/komputer. 6. Install program antivirus dan update secara berkala Untuk dapat mengenali virus/trojan2 baru sebaiknya update program antivirus secara berkala. Virus yg terlanjur menyebar di komputer dapat membuat Anda menginstall ulang komputer. Hal ini selain membutuhkan biaya juga akan menyebabkan harddisk Anda akan lebih cepat rusak dibanding apabila tidak sering diinstall ulang. 7. Bersihkan Recycle Bin secara rutin Sebenarnya file/folder yg kita hapus tidak langsung hilang dari harddisk karena akan ditampung dahulu di Recycle Bin ini dengan maksud agar suatu saat apabila Anda masih membutuhkannya dapat mengembalikan lagi. Recycle Bin yg sudah banyak juga akan menyita ruang harddisk yg dapat menyebabkan pembacaan harddisk jadi lelet. Caranya jalankan Windows Explorer > klik Recycle Bin > klik File > klik Empty Recyle Bin Atau Anda dapat menjalankan fungsi Disk Cleanup, caranya Klik Start > Program > Accessories > System Tool > Disk Cleanup > kemudian pilih drive yg mau dibersihkan > setelah itu centangilah opsi Recycle Bin kalau perlu centangi juga yg lain (seperti temporary file, temporary internet file), setelah klik OK. Tips: agar file yang akan kita delete tidak ditampung dahulu di Recycle Bin, tekan key “shift” sebelum delete. 8. Jangan meletakkan Speacker Active, UPS atau stavolt terlalu dekat dengan monitor. Karena medan magnet yang ada pada speacker tersebut akan mempengaruhi monitor yaitu warna monitor menjadi tidak rata, belang-belang atau goyang. 9. Uninstall atau buang program yg tidak berguna Ruang harddisk yg terlalu banyak tersita akan memperlambat proses read/write harddisk sehingga beban kerjanya akan lebih berat sehingga harddisk akan cepat rusak. 10. Bersihkan motherboard & periferal lain dari debu secara berkala Setidaknya enam bulan sekali hal ini harus dilakukan. Buka casingnya terlebih dahulu kemudian bersihkan motherboard dan periferal lain (RAM, Video Card, Modem, Sound Card, CDR/CDRW/DVRW, TV Tuner) dengan sikat halus. Pada saat komputer tidak digunakan tutuplah komputer (monitor, CPU, keyboard/mouse) dengan cover sehingga debu tidak mudah masuk ke dalam komputer. 11. Pasang kabel ground. Apabila casing nyetrum, ambil kabel dengan panjang seperlunya, ujung satu dihubungkan dengan badan CPU (pada casing) sedangkan ujung yg lain ditanam dalam tanah. Hal ini akan dapat menetralkan arus listrik yg “nyasar” sehingga dapat membuat komponen elektronik lebih awet.(Ricky dan sumber lain) Umum • WAJIB: Buat copy dari data-data Anda (backup data), sehingga bahkan jika komputer Anda rusak maka data Anda tidak turut lenyap. Silahkan baca artikel ini untuk penjelasan lebih lanjut. • WAJIB: Matikan Komputer ketika Pulang dari Kantor. Karena jika tetap dipaksakan menyala terus akan memakan Power Supply dan umur hardware yang ada di Komputer anda. • Sekitar tiap 4 bulan sekali buka komputer Anda, dan bersihkan dengan hati-hati debu-debu yang ada didalamnya - terutama yang menggumpal di heatsink prosesor. Jika ruangan komputer tersebut banyak debunya, maka lakukan lebih sering lagi. • Debu yang menggumpal di heatsink prosesor dapat membuat prosesor menjadi “overheating” / kepanasan. Pada prosesor AMD, ini dapat berakibat fatal (prosesor hangus) • Komputer lambat? Menambah memory biasanya adalah solusi termudah dan termurah untuk meningkatkan kinerja komputer Anda. 128 MB kini cenderung tidak mencukupi - minimal 256 MB, lebih baik jika 512 MB atau lebih. • Memory yang besar dapat turut membantu memperpanjang umur hard disk (karena komputer jadi tidak perlu terlalu sering melakukan swapping ke hard disk) • Defrag hard disk justru tidak perlu dilakukan terlalu sering, karena pengaruhnya tidak besar. Cukup lakukan sekitar 6 bulan sekali atau lebih. Jika terlalu sering maka mungkin malah akan memperpendek umur hard disk Anda, karena prosesnya yang sangat intensif.







BAB IV
PENUTUP

A. KESIMPULAN
Setelah melakukan peraktek kerja secara langsung didalam Pendidikan Sistem Ganda yang kami laksanakan sejak tanggal20 oktober 2009sampai dengan 5 desember 2009 di “UNIVERSITA MUHAMMADIYAH BENGKULU/UMB” saya selaku penyusun menarik kesimpulan sebagai berikut :
1. Pendidikan Sistem Ganda merupakan suatu modal dasar dalam menghadapi dunia kerja secara nyata. Karena hal-hal yang didapat selama paraktek diinstansi belum tentu didapat di Sekolah.
2. Usaha yang dipelopori dengan yang gigih akan membuahkan hasil dikemudian hari.
3. Kejujuran dan kesabaran adalah modal utama bagi seorang pengusaha sukses.
4. Kedisiplinan, Kerjinan dan tanggung jawab meruupakan sikap yang sanggat penting dalam menjalankan sebuah perusahaan.
5. Pengorganisasian yang tepat, teratur, dan teraencana membuat perusahaan akan berjalan dengan baik.
6. Dengan menciptakan rasa kekeluargaan sesama pembimbing maupun peserta PSG akan tercipta hubungan yang harmonis.

B. Saran-saran
Setelah saya melakukan Pendidikan Sistem Ganda
1. dengan harapan pendidikan system ganda ditempat ini dapat berkelanjutan bagi adik-adik kami.
2. demi kelancaran pelaksanan pekerjaan disiplin kerja harus lebih ditingkatkan
3. UMB agar bersedia memberikan kesempatan lain kepada siswa – siswi SMK AL AMANAH yang akan melaksanakan Pendidikan System Ganda yang akan datang.


4. Kami harap agar UMB{UPTI}memberikan perhatian dan bimbingan khususnya bagi siswa- siswi yang melaksanakan PSG hal ini agar menambah semanggat dan motivasi siswa – siswi dalam menuntut ilmu
5. Hubungan antara pembimbing dan peserta PSG yang sudah terhjalin semoga akan selalu terbuka dengan baik.
6. Hubungan kerja serta bimbingan pada saya semoga dicatat oleh Allah sebagai Amal Ibadah “amien”.

Akhirnya sebagai penutup, saya mengucapkan syukur alhamdulillah kehadirat Allah SWT. Karena telah menyelesaikan laporan ini. Atas segala sesuatu kesalahan yang terdapat dalam laporan ini, saya selaku penyusun mohon dibukakan pintu ma’af yang sebesar – besarnya bagi para pembimbing.
Wassallamm……